Mesin motor jadi derek penarik beban

Bandung,- Namanya juga mesin sepeda motor dijadikan derek, tentunya dengan kekuatan gigi mampu tarik roda kelos yang dibuat sedemikian rupa agar mampu menyimpan atau menggulung seling baja (kawat) tarik beban.

Cara kerjanya cukup praktis dan mudah, kelos dihubungkan rantai sesuai roda motor, namun roda tersebut diganti kelos tempat gulungan seling baja. Begitu mesin hidup masuk gigi satu dan berputar kelos yang sudah ada gulungan seling baja untuk menarik beban.

Untuk menguatkan tarikan, tentunya kelos yang sudah di modifikasi dan ditempel gigi untuk memutar rantai dari mesin, harus yang lebih besar bukan standar gigi yang biasa ada di roda sepeda motor bagian belakang. Maksudnya agar lebih kuat daya tarik dan mampu menarik beban tidak kurang dari 200 kilogram.

Sangat mudah tentunya, beban dari bawah akan tertarik. Ini semua memudahkan memindahkan material, apalagi dipergunakan di pedalaman yang sulit dibawa oleh manusia atau hewan, karena kondisi lokasi sangat terjal. Tidak memerlukan aliran

mesin motor jadi derek

listrik dari PLN karena murni mesin sepeda motor.

Alat ini sudah dicoba dan dipergunakan di daerah Bangko, Jambi  Palembang, Batam. Hasilnya cukup membantu, karena memindahkan material dengan manusia, selain jangka waktu lama dan biaya akan lebih banyak keluar.

Dengan cara ini, pekerjaan lebih cepat ongkos sedikit keluar. Hanya memerlukan operator dua orang saja, seorang untuk menarik beban dengan pedal gas dan seorang untuk membantu. Sedangkan karyawan lainnya di bawah mengisikan material yang akan ditarik bantuan seling baja.

Selain di pedalaman, juga bisa dipergunakan di dalam kota yang tidak bisa masuk kendaraan roda empat (mobil), biasanya dipergunakan untuk memindahkan berbagai material ke tingkat 2 sampai tingkat 5.

Bagi anda yang tertarik dengan mesin tersebut, atau cara kerjanya bisa mencari tahu ke email: sonnihadi@gmail.com atau sms ke 081313531953.

Advertisements

About sonnihadi

Profesi jurnalis, anggota Persatuan Wartawan Indonesia(PWI) Cab Jabar No anggota10.00.5551.95. Media cetak Majalah Mahardika- http://www.majalahmahardika.com - Anggota Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Kota Bandung
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s